Kamis, 23 Juni 2011

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Semangat Kerja Karyawan

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Manusia dalam organisasi atau perusahaan sebagai pekerja adalah mempunyai martabat, perasaan, keinginan, dan juga harapan. Meskipun penggunaan teknologi meningkat maju dengan pesat dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan namun sumber daya manusia tetap mempunyai peranan yang tidak dapat diabaikan begitu saja, sehingga pengelolaan tenaga kerja atau sumber daya manusia merupakan bidang keputusan sangat penting, hal ini berkaitan dengan semangat kerja karyawan.
Tenaga kerja atau karyawan mempunyai peranan dalam melaksanakan tugas-tugas ataupun kewajibannya sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan dimana mereka bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan dalam menghasilkan laba demi kelangsungan hidup perusahaan, disamping itu tujuan sosial perusahaan itu sendiri sehingga manajemen tenaga kerja dengan cara yang produktif dan kemanusiaan merupakan tugas kunci dalam bidang kegiatan perusahaan dewasa ini.
Peran pemimpin atau manejer dalam pengembangan fungsi manajemen pun sangat penting melaksanakan, mengkoordinasi, menggerakkan dan mengatur bawahannya dengan sebaik mungkin agar mereka dapat memenuhi harapan perusahaan dan mencapai tujuan perusahaan tersebut Keinginan organisasi atau perusahaan agar anggotanya bekerja dengan kemauan dan semangat kerja adalah suatu masalah yang perlu mendapatkan perhatian khusus terutama karena adanya faktor-faktor pengelolaan sumber daya manusia yang menyangkut kekuasaan organisasi yang dituntut lebih efektif. Semangat kerja karyawan merupakan perwujudan dari sikap seseorang dalam melakukan pekerjaan dengan kemauan dan kesenangan sehingga segala pekerjaan dapat dilaksanakan dan diselesaikan lebih cepat dan lebih baik.
Dengan meningkatnya semangat kerja, maka perusahaan akan memperoleh implikasi yang baik seperti pelayanan yang lebih cepat dilaksanakan, absensi yang rendah, perilaku atau semangat kerja yang dapat mengurangi kerusakan, kemungkinan perpindahan karyawan dapat diminimalisasikan dan tentunya produktivitas kerja yang dapat ditingkatkan yang berarti juga efesiensi dalam pengeluaran biaya.
PT. Intan Bersaudara merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan pasir dan batu ( Sirtu ) yang mana perusahaan ini sangat mengharapkan setiap karyawannya dapat melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan apa yang diinginkan, karena dengan adanya semangat kerja yang baik diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dalam menghasilkan produk atau barang yang baik pula.
Tentunya memerlukan suatu manajemen yang mampu untuk mengatur dan mengkoordinasi, menggerakan anggotanya dalam suatu tim yang baik, maka dalam hal ini sangat penting diketahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi semangat kerja karyawan yang meliputi lingkungan kerja yang baik dan mendukung, pemberian kompensasi yang baik secara material maupun non material.
http://www.ziddu.com/download/15462728/Faktor-faktorYangMempengaruhiSemangatKer jaKaryawan.pdf.html

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com