Kamis, 23 Juni 2011

Analisis Produktivitas Kerja Karyawan




BAB I PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang Masalah Sumber daya manusia adalah penentu keberhasilan suatu perusahaan. Oleh sebab itu, kebutuhan utama suatu perusahaan adalah memiliki dan mempertahankan karyawan yang mampu berprestasi, memiliki motivasi tinggi dan mau bekerja sebaik mungkin demi mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan tersebut atau dengan kata lain karyawan yang memiliki produktivitas kerja yang tinggi. Setiap perusahaan akan selalu dihadapkan pada permasalahan sumber daya manusia yang sangat berpengaruh terhadap kualitas dan produktivitas kerja karyawan. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus mempunyai kemampuan dalam mengelola perusahaan dengan sebaik-baiknya. Semakin kecil perusahaan semakin kecil pula tenaga kerja yang dibutuhkan begitu pula sebaliknya, semakin besar suatu perusahaan, semakin besar pula tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan dan semakin kompleks pula permasalahan yang akan dihadapi oleh pihak manajemen perusahaan.
Tinggi rendahnya tingkat produktivitas kerja karyawan sangat erat hubungannya dengan tinggi rendahnya kualitas sumber daya manusia yang mengelola maupun dikelola, penempatan kualitas kerja terhadap manajemen

sumber daya manusia harus sesuai dengan kemampuan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh perusahaan (direct man and direct place) yang meliputi antara lain adalah : menetapkan analisa jabatan, menarik karywan, adanya pelatihan, memberikan kompensasi yang adil dan memberikan motivasi dan sebagainya. Jika tugas tersebut dikelola dengan baik maka produktivitas kerja karyawan terhadap perusahaan akan terus membaik. Dengan demikian efektivitas dan efisiensi akan dapat diwujudkan sesuai dengan harapan manajemen perusahaan. Upaya pembinaan ketenagakerjaan merupakan upaya menyeluruh dan ditujukan kepada peningkatan, peembentukkan dan pengembangan tenaga kerja yang berkualitas, produktif, efektif, efisien dan berjiwa wira usaha sehingga mampu mengisi, menciptakan dan memperluas lapangan kerja serta kemampuan usaha. Upaya peningkatan produktivitas berarti usaha meningkatkan hasil produksi secara keseluruhan dan peningkatan hasil produksi akan meningkatkan penghasilan masyarakat dan akan mendorong laju pembangunan. Begitu juga dengan perusahaan yang penulis teliti yaitu PT Iga Bina Mix Pekanbaru yang bergerak dibidang produksi dan penjualan Ready Mix Concrete (RMC) atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama produknya beton. PT. Iga Bina Mix Pekanbaru tergolong mempunyai jumlah karyawan yang cukup banyak tiap tahunnya dan dengan sendirinya akan berhadapan langsung dengan masalah manajemen sumber daya manusia dan produktivitas kerja karyawan yang berfluktuasi tiap tahunnya.

Dalam sebuah perusahaan dibutuhkan tenaga kerja yang baik. Di samping itu lingkungan kerja yang baik juga sangat menentukan besar out put yang dihasilkan. Lingkungan kerja yang kurang baik juga akan menghambat kelancaran kerja para karyawan karena kurangnya konsentrasi karyawan dalam bekerja. Jika hal ini terjadi terus menerus maka tingkat kesalahan akan menjadi besar dan produktivitas kerja karyawan akan menurun. Produktivitas yang tinggi mencerminkan keadaan karyawan yang dapat bekerja dengan baik dan penuh konsentrasi serta mempunyai motivasi yang tinggi untuk bekerja. Tingkat produktivitas juga dipengaruhi oleh kompensasi karena kompensasi yang diberikan besar pengaruhnya terhadap semangat dan kegairahan kerja karyawan, Fungsi analisa produktivitas kerja karyawan terhadap perusahaan adalah merupakan fungsi dari setiap pimpinan dalam memperhatikan karyawan didalam melakukan pekerjaannya. Oleh karena itu, pimpinan harus memiliki kemampuan dalam menilai dan menganalisa pekerjaan dan permasalahan yang timbul serta bertanggung jawab mengawasi para bawahannya. Di dalam perusahaan setiap pimpinan atau manajer dituntut untuk mampu memberikan motivasi kerja yang tepat kepada karyawannya, di mana motivasi dalam bekerja sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan dan memberikan tanggapan terhadap kondisi dalam bekerja untuk integritas kerja karyawan. Oleh karena itu, karyawan merupakan modal dan asset perusahaan yang harus dihargai dan diperhatikan sehingga karyawan akan lebih bertanggung jawab dan loyal terhadap perusahaan sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas kerja dan produktivitas kerja karyawan untuk perusahaan.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com